Training Penanganan Keluhan Pelanggan



COMPLAINT HANDLING
Dalam suatu Perusahaan atau Industri, baik jasa maupun produk, kita selalu terkait dengan pelanggan. Dimana pelanggan mempunyai keinginan dan harapan, organiasi akan berusaha untuk memenuhinya, jika tidak maka akan terjadi suatu complaint. Dalam menangani keluhan (complaint handling), jika kita tidak bisa mengambil tindakan dengan baik maka kita akan kehilangan pelangan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui akar permasalahan mengapa pelanggan complaint dan bagaimana menindaklanjutinya.
.


 



 
Kegunaan pemahaman complaint handling dengan baik adalah untuk:
1.           Meningkatkan pemahaman penanganan complaint secara keseluruhan.
2.           Mengetahui tahapan dalam memecahkan masalah berkaitan dengan complaint.
3.           Memahami sikap dan tindakan yang benar ketika ada komplain pelanggan
4.           Mampu menerapkan penanganan keluhan (complaint handling) dengan baik.

Tujuan Training:
Peserta Training mampu untuk:
1.           Memberikan pemahaman akar permasalahan keluhan pelanggan (customer complaint).
2.           Mengetahui pentingnya menangani complaint dari pelanggan.
3.        Melihat complaint dari segi positif dimana complaint merupakan saran berharga dari pelanggan (“complaint is a gift”).

Lama Training:
2 (dua) hari

Metode Pelatihan
Pelatihan ini membutuhkan interaksi yang baik antara Trainer dan Peserta agar setiap materi dapat dipahami dengan baik.

Berikut Metode Pelatihan yang diberikan
a.          Dialog Interaktif/ Sharing
b.          Diskusi Grup
c.          Latihan di Kelas
d.          Studi Kasus 

Pokok Bahasan RACI:
1.          Penyebab pelanggan complaint.
2.          Cara-cara penanganan customer complaint.
3.          Hal-hal untuk menghindati complaint.
4.          Berpikir bahwa complaint adalah sebuah ‘Hadiah’
5.          Leaf + 1R (Listen, Empathize, Apologize, Fix, 1: extraordinary, R : Record)

Peserta:
·           Manajer/ Management Representative
·           Supervisor/ Staff
·           Personalia (Human Resources Department)

Lokasi Pelaksanaan:
Lokasi Client (In-House)