Training 6Sigma



SIX SIGMA
Six Sigma Adalah suatu strategi bisnis yang dapat membantu Perusahaan dalam meraih keuntungan pada suatu persaingan. Bila Perusahaan dapat memperbaiki z level pada proses kerja Perusahaan, maka Perusahaan mestinya mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain:
-        kualitas produk menjadi lebih baik
-        biaya tidak perlu menjadi berkurang
-        Customer akan semakin puas. 
Six sigma adalah  salah satu metode untuk bekerja lebih cedas (smart work) dan Six Sigma membuat kesalahan akan semakin berkurang.



 

Kegunaan Six Sigma ini untuk Perusahaan adalah:
        Sebagai tools untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas
        Sebagai tools untuk mendefinsikan suatu problem
        Sebagai tools untuk mengukur dan mengetahui z level serta memastikan metode validitas pengukuran.
        Sebagai tools untuk melakukan factor analysis terhadap penyebab dan kemudian membuat perbaikan;  serta selanjutnya melakukan control terhadap perbaikan yang telah dilakukan

Tujuan Training:
Peserta Training diharapkan:
-        Memahami mengenai six sigma sebagai metode untuk bekerja lebih baik (smart work).
-        Mengetahui tahapan yang dilakukan dalam six sigma

Lama Training:
2 (dua) hari

Metode Pelatihan
Pelatihan ini membutuhkan interaksi yang baik antara Trainer dan Peserta agar setiap materi dapat dipahami dengan baik.
Berikut Metode Pelatihan yang diberikan
a.          Dialog Interaktif/ Sharing
b.          Diskusi Grup
c.          Latihan di Kelas
d.          Studi Kasus 


Pokok Bahasan Six SIgma:
Ø  Konsep Dasar Six Sigma
Apa Aktifitas six sigma, kenapa memakai six sigma dan bagaimana mengulirkan six sigma
Ø  Konsep Statistika Dasar dan Pengunaan Minitab
Mengapa statistika, mengapa mengunakan data
Ø  Tahapan dalam Six Sigma dan konsep CTQ
Apa itu CTQ, Bagaimana menemukan CTQ,
Ø  Analisa sistem pengukuran
Kenapa Mempelajari analisa sistem pengukuran serta analisa capabilitas suatu Proses
Ø  Analisa faktor penyebab
Metode pemilihan faktor-faktor, uji hipotesa,Anova, analisa regresi
Ø  Proses improvement beserta Tool
Metode apa yang digunakan dalam melakukan improvement
Ø  Proses control hasil improvement
Mengapa perlu dilakukan kontrol dan bagaimana caranya.

Peserta:
·           Manajer/ Management Representative
·           Supervisor/ Staff
·           Personalia (Human Resources Department)

Lokasi Pelaksanaan:
Lokasi Client (In-House)